Tips Mengatasi Permasalahan Sablon Tinta Putih

Example blog post alt

Kelihatannya ini adalah permasalahan umum yang dihadapi oleh para pemula sablon yaitu ketika mencetak warna putih di kaos gelap. Banyak sekali pertanyaan yang terkait dengan permasalahan tinta putih ini. Kenapa ya warna lain bagu2 aja, tapi warna putihnya kok tipis? Kenapa ya kalo cetak warna putih di kaos gelap gak bisa bisa halus dan daya tutupnya kurang.

Ya memang tinta putih ini memang butuh perhatian khusus. mulai dari teknik sablon sampai pada hal-hal kecil yang juga harus diperhatikan. Tidak seperti tinta hitam atau gelap yang kita cetak di kaos cerah, meskipun anda menggunakan ukuran screen kurang tepat, tanpa off contact dan sudut rakel yang tidak benar ketika mencetak, biasanya tidak terjadi masalah yang signikan pada hasil sablonnya. Terlepas dari masalah tinta putihnya yang bagus atau nggak, kayaknya permasalahan ini bisa diminimalisir dengan beberapa tips yang juga digunakan oleh para ahli sablon. Berikut ini beberapa hal yang penting anda perhatikan :

1. Gunakan ukuran mesh Screen yang lebih besar lubangnya.

Ukuran mesh sangat berpengaruh terhadap turunnya tinta ke kaos ketika rakel digesut. Hal ini dimaksudkan agar tidak terlalu tipis tinta yang turun ke kaos. Maka ada baiknya anda gunakan screen dengan ukuran mesh lebih besar. Tapi jangan salah ya, ukuran mesh itu semakin besar angka T-nya maka semakin kecil lubangnya. Jadi, gunakan ukuran screen dengan T lebih kecil. Jangan terlalu kecil ukuran T-nya, nanti malah jadi kasar hasilnya. Disarankan ukuran screen berkisar pada T-48 sampai T- 61.

2. Harus ada Off Contact.

Off contact adalah sebutan untuk jarak/gap antara kain screen dan kaos ketika proses cetak. Off contact ini bertujuan agar ada ruang kecil yang bagi tinta untuk turun ke kaos dengan lebih banyak. Jika anda menggunakan mesin rotary, ada settingan untuk mengatur off contact ini. Atau jika anda masih menggunakan cara manual, bisa dengan mengganjal bagian bawah screen dengan busa atau karet berukuran 3-5 mm

3. Perhatikan Angle/sudut rakel yang tepat.

Kesalahan dalam mengambil angle/sudut dari rakel ketika proses gesut banyak terjadi pada pemula. Hal ini juga menyebabkan tinta yang turun ke kaos tidak sempurna.

» Terimakasih telah membaca: «

Semoga artikel bisa menambah wawasan kita

jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)