Software Grafis dalam sablon

Example blog post alt

 


Dunia sablon di jaman teknologi seperti sekarang ini tak lepas dari pemanfaatan komputer sebagai salah satu sarana penunjang dalam sablon, baik sablon manual maupun sablon digital. Dalam sablon manual pemanfaatan komputer terletak pada pembuatan dan setting desain/gambar pra cetak untuk film screen, biasanya sering disebut pecah warna. Software atau perangkat lunak grafis saat ini telah banyak dibuat para programer baik yang berbayar maupun yang tidak berbayar.

Berikut beberapa software atau perangkat lunak  Grafis yang sering digunakan dalam sablon:


1. PHOTOSHOP

Photoshop adalah editor citra yang lebih dikhususkan untuk editor foto atau gambar serta pembuatan efek-efek khusus. Dalam sablon software ini umumnya digunakan untuk setting desain untuk pembuatan raster atau berupa dot atau titik-titik kecil yang tersusun sedemikian rupa. Raster dalam sablon manual diimplementasikan pada desain-desain yang tersusun dengan banyak warna seperti foto, efek gradasi atau gambar lainya.


2. COREL DRAW

Corel Draw adalah sebuah program komputer yang melakukan editing pada garis vektor. Program ini dibuat oleh Corel, sebuah perusahaan software yang berkantor pusat di Ottawa, Kanada. Corel draw memiliki kegunaan untuk mengolah gambar, oleh karena itu banyak digunakan pada pekerjaan dalam bidang publikasi atau percetakan ataupun pekerjaan di bidang lain yang membutuhkan proses visualisasi. 


Kedua software di atas bisa dibilang wajib dimiliki untuk pengolahan desain gambar pra cetak, yaitu untuk membuat film guna mengafdruk screen yang akan digunakan untuk menyablon.

 





 


» Terimakasih telah membaca: «

Semoga artikel bisa menambah wawasan kita

jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)