Jenis Bahan Kaos

Example blog post alt

1.Katun Combed (cotton combed) Kita sudah sering mendengar jenis bahan ini. Bahan Katun Combed lebih bagus dari pada bahan katun biasa, sebabnya adalah karena proses penyisiran (combing) kapas yang meninggalkan serat-serat paling halus dan juga menyingkirkan serat-serat yang pendek ataupun kasar. Akibatnya serat benang akan menjadi lebih halus dan rata, ini juga akan membuat penampilannya lebih lembut, rata dan rapi ketika digunakan. Bahan Katun Combed disusun murni 100% dari serat kapas alami. Karakteristik bahan Katun Combed memiliki tekstur yang halus, dingin, nyaman, dan sifatnya menyerap keringat, inilah yang membuat jenis bahan ini sangat cocok bila dipakai di negara beriklim tropis seperti di Indonesia.
Ada beberapa jenis kain Katun Combed yang ada dipasaran dan dibedakan berdasarkan jenis benang yang dipakai dalam seting gramasinya (gr/m2), yaitu jenis-jenis kain Katun Combed dengan benang 20s, 24s, 30s. Yang membedakannya hanyalah ketebalannya. Kain 20s memiliki ketebalan yang paling tebal, sedangkan combed 30s memiliki tekstur yang paling tipis.
Setiap ceruk pasar bahan kaos polos memiliki selera atau kebutuhan sendiri-sendiri terhadap jenis gramasi tersebut. Disesuaikan dengan selera masing-masing konsumen. Sebutan bahan kain Cotton Combed itu diadakan untuk membedakan diri dengan bahan kain Cotton Carded. Bahan kain Cotton Combed itu lebih halus dan lembut jika dibandingkan dengan bahan kain Cotton Carded. Karena bahan kain Combed itu benangnya disisir (combing) dan tidak sekedar digaruk (carding). Sehingga kualitas kaos bahan kain Cotton Combed itu lebih halus, lembut dan nyaman digunakan jika dibandingkan dengan bahan kain Cotton Carded. Pada sisi penampakan luar, bahan kain Cotton Combed dan Cotton Carded ini hampir mirip. Masyarakat awam pada umumnya juga tidak bisa membedakan. Hanya ketika sesudah kaos itu digunakanlah maka akan terasa perbedaannya. Kelembutan dan kehalusan dan kenyamanan si pemakailah yang akan bisa merasakan mana kaos yang Cotton Combed dan mana yang Cotton Carded.


2.Katun Carded (cotton carded)
Mungkin belum begitu banyak yang mendengar jenis bahan ini. Dalam sebutan lain oleh pedagang sering juga disebut kain katun semi combed. Dibandingkan dengan kain combed, bahan katun carded memiliki serat benang yang kurang halus. Bisa dibilang, katun carded adalah jenis bahan katun sekelas dibawah jenis katun combed, ini dikarenakan hasil rajutan dan penampilan bahannya yang cenderung tidak halus dan tidak rata. Akan tetapi karena harganya yang relatif lebih murah dibandingkan kain katun combed. Ini yang membuat jenis bahan ini tetap laku dipasaran. Bahan katun carded paling banyak digunakan untuk kaos-kaos dengan target pasar kelas menengah, misalnya untuk kaos pabrik, seragam buruh, atau olahraga.


3.Katun Bambu (Cotton Bamboo)

Sebutan bahan kain Cotton Bamboo adalah sebutan bahan kain yang berasal dari pencampuran benang Cotton (kapas) dan benang Bamboo (bambu). Dari sisi harga bahan baku kainnya, bahan kain Katun Bambu berharga lebih mahal daripada Katun Combed. Kaos Katun Bambu jelas lebih lembut, halus dan nyaman dipakai. Hampir kebanyakan outlet-outlet Brand ternama menggunakan kaos berbahan katun bambu sebagai bahan kain produk kaosnya.


4.Katun Supima (Supima Cotton)

Sebutan bahan kain Cotton Supima berasal dari nama perkebunan kapas (Pima) di Amerika. Kapas Pima dianggap sebagai kapas terbaik di dunia. Kata “Supima” sendiri berasal dari singkatan kata “Superior Pima”. Artinya benang Cotton superior yang berasal dari kapas Pima. Bahan baku benang Supima itu sendiri memiliki sertifikat keasliannya.

 

5.Katun Misty (Misty Cotton)

Sebutan Cotton Misty harus dipahami dan digunakan sebutannya untuk membedakan diri dengan TC Misty. Cotton Misty adalah bahan kain yang sepenuhnya menggunakan benang Cotton. Sementara TC Misty adalah bahan kain yang mecampur benang Cotton dan benang TC untuk menciptakan efek misty pada bahan kainnya. Harga bahan kain Cotton Misty jauh lebih mahal daripada TC Misty. Masyarakat awam juga sering tak dapat membedakan mana kaos Cotton Misty dan mana kaos TC Misty. Hanya ketika kedua kaos itu dipakailah dan saling diperbandingkan akan terasa bedanya. Beda di kelembutan dan rasa nyaman di kulit pemakai. Ada beberapa jenis Cotton Misty, tetapi yang populer adalah dua nama Cotton Misty ini, yakni Misty Muda (perajutan benangnya menggunakan benang Cotton kode M71) dan Misty Tua (perajutan benangnya menggunakan benang Cotton kode M81).

 

 

 

» Terimakasih telah membaca: «

Semoga artikel bisa menambah wawasan kita

jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)