Cara Afdruk Screen

Example blog post alt


Banyak orang awam atau pemula yang masih bingung bagaimana cara memindahkan sebuah gambar/objek ke atas screen atau yang lebih sering dikenal dengan istilah afdruk. Beberapa langkah-langkah untuk mengafduk film ke screen antara lain :

Langkah 1 :
Bila screen masih baru, sebaiknya dicuci terlebih dahulu dengan sabun untuk menghilangkan debu-debu atau kotoran yang menempel pada saat pemasangan screen.

Langkah 2 :
Pastikan pemilihan screen dengan kode yang benar, sesuai dengan tinta sablon yang akan digunakan nantinya.

Langkah 3 :
Mencampur obat afdruk, ingat !!, obat afdruk terdiri dari 2 bagian yaitu emulsi dan sensitizer. Campurkan kedua bahan tersebut dengan perbandingan 10 : 1 (10 untuk emulsi dan 1 untuk sensitizer) Aduk campuran tersebut hingga rata, Sebaiknya obat afdruk yang telah dicampur diamkan selama 30 menit sebelum digunakan.

Langkah 4 :
Melapisi screen dengan obat adfuk Tuang obat afdruk secukupnya di bagian luar screen dan ratakan dengan coater sampai semua bagian screen tertutupi, Lakukan juga untuk bagian dalam screen. Selanjutnya keringkan lapisan obat afdruk dengan menggunakan hairdyer.

Langkah 5 :
Expose screen Tempelkan film dibagian luar screen lalu letakkan di atas meja afdruk. Letakkan juga busa hitam dan pemberat diatasnya sehingga film bener-bener melekat dibagian luar screen. Nyalakan lampu meja afdruk dan sinari selama 5-8 menit (tergantung jumlah lampu dan jarak lampu ke kaca).

Langkah 6 : Setelah expose selesai, siram screen dengan air di kedua sisinya, lakukan berulang kali sampai film yang diexpose keliatan. selanjutnya semprot bagian film (biasanya warna lebih muda dari sekitarnya) dengan menggunakan water sprayer sampai semua bagian film berlubang.

Langkah 7 :
Jemur screen dan perhatikan hasil nya, bila ada lubang-lubang kecil bisa digunakan sisa obat afdruk untuk menambalnya, Pastikan tidak ada bagian screen yang bocor selain dari Film yang kita afdruk. lalu keringkan kembali dan screen siap digunakan untuk mencetak. Demikian langkah ringkas dalam melakukan proses afdruk film.







» Terimakasih telah membaca: «

Semoga artikel bisa menambah wawasan kita

jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)