Memulai Usaha Kaos

Example blog post alt


Memulai usaha/ bisnis kaos sebenarnya tidaklah terlalu rumit, yang paling penting adalah kesungguh-sungguhan dan semangat berjuang yang konsiten. Karena hampir semua masyarakat umum mengenal, mengetahui dan menyukai kaos. Apalagi ini merupakan kebutuhan dasar manusia. Itulah juga sebabnya banyak masyarakat yang memulai usaha atau berbisnis kaos, karena peminatnya yang cukup mendunia.

Namun sebelum memulainya ada beberapa langkah awal yang harus dilakukan, agar rencana usaha kaos yang dimaksud dapat berjalan semestinya. Ini memang bukan jaminan keberhasilan, tapi kami harap dengan menjalankan tips yang kami utarakan, dapat memudahkan anda untuk memulai konsep usaha kaos yang anda inginkan.

1.Lakukan penelitian kecil, sebelum terjun lebih jauh ke bisnis kaos ini, coba cari tahu bagaimana bisnis kaos ini berjalan, secara umum saja untuk awalnya, dan coba juga untuk memperhatikan bisnis kaos yang sudah sukses, lihat bagaimana mereka bisa sukses.


2.Konsep produk kaosnya. Ini penting karena sebagai pedoman nantinya, tentukan kaos seperti apa yang akan dijual nantinya, karakter desain, material, harga. apakah target marketnya ada tidak dan bagaimana nanti cara penjualannya,


3.Kenali pesaing, bisnis kaos bukan suatu hal yang baru, terutama dalam urusan dagang, karena hampir semua masyarakat sudah mengenalnya, dan sudah pasti ada pesaing. Nah kenali pesaing anda, mulai dari produk, konsep, karakter, promosi dan lainnya, berusahalah minimal sebaik yang pesaing anda lakukan.


4.Ketahui kondisi keuangan sendiri, hal ini sebagai pedoman dalam melakukan pembiayaan, untuk produksi, promosi dan pengeluaran lainnya, jangan sampai kita berhenti ditengah jalan hanya karena kekurangan modal. Bukan berarti anda juga harus punya banyak modal, yang penting adalah kita pintar dalam mengatur keuangan kita.


5.Promosikan, setelah produk jadi. Maka langkah selanjutnya adalah promosi, kita bisa melakukannya dengan berbagai cara, dan tidak harus membayar mahal untuk promosi, yang penting metode promosi kita harus mengena pada target market, sebagai contoh , kita bisa memberikan kaos gratis dengan logo produk kita, promosi via online, menitipkan produk pada toko-toko pakaian, distro atau toko aksesoris. Pastikan logo yang kita gunakan unik tapi sederhana, sehingga belum ada yang mempunyai kaos dengan logo kita.


6.Cari lah partner, bisa saja anda berjalan sendiri, tetapi akan lebih maksimal jika anda berpartner dengan yang ahli di bidang nya masing - masing, bisa itu internal atau eksternal, internal misalnya menggait desainer, eksternal misalnya merangkul pihak - pihak yang bisa memaksimalkan produksi kaos anda.


7.Tentukan Tujuan / Goal. Bisa di bilang target juga, tentunkan target per bulan, pertahun. Berikut dengan langkah-langkah realistis yang bisa segera praktekan. Lalu evaluasilah secara berkala, untuk mendapatkan ide atau masukan selanjutnya.


8.Jangan menyerah, dalam berbisnis inilah yang paling penting dan paling banyak menguras tenaga, apabila kita tidak memiliki gairah yang terus dipelihara. Tidak ada yang pasti semua mungkin saja bisa terjadi, jadi jangan langsung menyerah ketika anda begitu susah melakukan penjualan pertama, karena penjualan pertama masih wajar belum begitu laku, hal ini kemungkinaa besar karenakan kita belum memiliki Brand ( nama ) atau belum dikenal oleh orang banyak. Ingat impian anda sangat membantu kekuatan anda untuk bertahan. Jadi tetaplah berpikir positif, perbanyak pengetahuan dan bergaullah dengan orang-orang yang punya semangat dan pikiran positif.

» Terimakasih telah membaca: «

Semoga artikel bisa menambah wawasan kita

jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)