Memilih Kaos Olah Raga

Example blog post alt


Belum tentu ketika materi bahan kaos anda adalah bahan yang berkualitas lalu sudah pasti anda merasa nyaman pada saat berolah raga. Pernahkah anda merasa kepanasan saat berjalan santai di siang hari? Sementara mungkin ada orang yang dengan santainya berjalan meski berada tidak jauh dari Anda. Bukan karena pakaian dan bahan bajunya yang tak berkualitas, bisa saja hal ini dikarenakan warna pada kaos anda yang bersifat meresap panas. Ternyata bahan kaos berbahan utama cotton saja tidak cukup untuk kepentingan berolah raga. Terutama kalau anda berolahraga outdoor yang terkena terik sinar matahari secara langsung.


Dampaknya, panas yang terkumpul akan meningkatkan temperatur pada tubuh, dan secara otomatis hal ini akan mengakibatkan bertambahnya produksi kelenjar peluh (keringat). Hal ini sering juga terjadi pada orang dengan kegiatan fisik yang minim. Hal tersebut dikarenakan warna utama atau yang dominan pada baju atau kaos anda. Seperti warna hitam dan beberapa jenis warna gelap lainnya. Bukan kenyamanan yang bisa anda dapatkan, malah bisa jadi kepanasan. Salah warna kaos justru akan membuat Anda bermandikan air keringat.


Biasanya warna hitam meresap frekuensi cahaya (panas) dan tidak memantulkan kembali. Inilah yang mengakibatkan baju berwarna gelap lebih terasa panas saat digunakan di siang hari dibandingkan dengan warna netral seperti putih. Ini juga berlaku di jenis kaos bermotif dengan bagian sablon kaos berwarna gelap atau didominasi warna-warna yang gelap.
Lalu bagaimana dengan warna terang yang lain, seperti biru atau kuning? sebenarnya, warna paling baik untuk berolahraga dibawah sinar matahari adalah putih. Karena biasanya kedua warna terang ini sama seperti hitam dalam fungsinya meresap panas. Meski demikian warna kuning masih tak seberapa dibandingkan dengan warna hitam. Begitu juga dengan warna biru yang daya serapnya masih tinggi dibanding dengan warna kuning, tetapi masih lebih kecil dibanding dengan warna hitam.


Hal yang sama juga berlaku dengan warna cerah lainnya dan sablon kaos yang didominasi warna tertentu, semakin cerah atau makin gelap warna biasanya memberi dampak penyerapan panas yang nyaris sama. Sementara kaos polos berwarna netral seperti putih lebih disarankan karena daya pantul cahaya yang tinggi dan daya serap panas yang kecil.







» Terimakasih telah membaca: «

Semoga artikel bisa menambah wawasan kita

jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)