Membersihkan screen yang sudah terpakai

Example blog post alt

 


Mungkin bagi beberapa rekan-rekan sesama penyablon, baik yang sudah terampil maupun yang masih pemula. Tidak mengalami masalah yang berarti ketika mebersihkan screen yang sudah terpakai dari tinta afdruk yang sudah mengering. Kami sablonmedan ingin berbagi pengalaman kepada para penyablon, bagaimana cara memberihkan screen yang sudah terpakai.


Screen yang sudah terpakai, bila sudah dibersihkan dari tinta afdruk/ bahan emulsi. Masih bisa kita pakai lagi, asal tidak ada kain screen yang robek dan atau tensi (tingkat ketegangan screen) masih bagus. Apabila hal tersebut terjadi, maka kain screen harus kita ganti dengan yang baru. Dan itu akan mengakibatkan bertambahnya biaya operasional. Berikut ini bebrapa tahapan cara membersihkan screen:


1.Peralatan yang dibutuhkan; Kain perca potongan yang bisa menyerap air dengan baik, atau bisa juga spon. Water spray (pemompa air bertekanan tinggi)


2.Bahan-bahan yang dibutuhkan; Kaporit cair, Soda api, Sabun cair, cairan M3, dan Air.


3.Ambil screen yang akan kita hapus / bersihkan dari tinta afdruk, lalu basahi dengan air dikedua sisi screen tersebut. Kemudian usap kedua sisi screen tersebut dengan cairan kaporit memakai kain perca atau spon secara merata. Diamkan sekitar 15 menit, agar cairan meresap. Apabila screen yang akan dibersihkan lebih dari satu, setelah melakukan hal yang sama pada tiap-tiap screen, susunlah screen secara bertumpuk. Tiap tumpukan usahakan jangan lebih dari 7 screen. Supaya tumpukan tidak terlalu tinggi, dan memudahkan kita untuk mengambil screen paling bawah atau yang pertama sekali diusap dengan kaporit. Lakukan hal tersebut diruangan yang tidak terkena sinar matahari langsung, dan sebaiknya ruangan tersebut juga tidak sedang dalam suhu yang panas. Hal ini dilakukan agar cairan kaporit yang kita usapkan ke sisi-sisi semua screen tadi tidak menjadi kering. Kalau sudah mengering maka akan semakin susah untuk dibersihkan.


4.Setelah kita diamkan kurang lebih 15 menit, lalu kita semprotkan air bertekanan tinggi ke screen. Dimulai dari screen yang pertama diusap dan selanjutnya ke screen berikutnya dari urutaan yang pertama diusap. Perhatikan ketika anda menyemprotkan air tekanan tinggi ke screen anda. Jangan terlalu dekat atau jauh, sesuaikan dengan kekuatan semprotan air, agar kekuatan air tidak sampai merusak screen namun tetap bisa merontokkan sisa tinta afdruknya. Sebaiknya gun penyemprot mengeluarkan air dalam bentuk terkembang tidak dalam bentuk fokus pada satu titik, supaya daya semprotnya menjangkau bidang screen secara lebih luas, dan screen tidak koyak.


5.Selanjutnya setelah semua tinta rontok diterjang oleh semprotan air, periksalah screen andakembali. Apakah masih ada sisa tinta yang masi membandel. Apabila masih ada, oleskan bagian yang masih ada sisa yang tertinggal dengan cairan M3, diamkan selama 5 menit. Lalu bilas dengan sabun cair, sikat secara lembut kedua sisi screen memakai kain atau spon, sikat dengan cara screen dijepit dengan kedua kain atau spon, sisi dalam disikat bersamaan dengan sisi luar sceen dalam posisi menjepit kain screen. Setelah itu semprot lagi dengan spray gun bertekanan tinggi. Biasanya pada tahap ini screen sudah bersih dan siap dipakai.

 

6.Cara yang lebih keras lagi adalah dengan mencampurkan cairan kaporit dan soda api, dengan perbandingan 2 : 1. Prosesnya sama seperti yang sudah dijelaskan di awal. Hanya saja tadi cuma memakai cairan kaporit, tetapi sekarang cairan kaporit dicampur dengan soda api.


7.Biasanya tinta emulsi yang beredar dipasaran juga menyediakan bahan penghancurnya yang dijual secara terpisah. Dengan memakai bahan tersebut juga bisa merontokkan afdruk screen. Hanya saja mungkin biayanya akan jadi lebih mahal.
Demikian kami sampaikan, semoga informasi ini membuat kerja anda semakin efisien. Kami sablonmedan dengan senang hati menjawab apa yang menjadi kendala-kendala anda apabila screen anda tidak bisa bersih secara sempurna.

 

» Terimakasih telah membaca: «

Semoga artikel bisa menambah wawasan kita

jika artikel ini bermanfaat yuk di like dan sebarkan :)